Tersesat di Umur 30 Tahun

Sekarang bulan November tahun 2022. Saya akhirnya berusia 30 tahun.

Jadi ingat, bertahun-tahun yang lalu, saya memiliki beberapa mimpi besar ini;

1. Mendapatkan beasiswa dan studi di luar negeri,
2. Menjadi manajer di sebuah perusahaan ternama,
3. Foto terpampang di sebuah sampul majalah,
4. Menerbitkan beberapa buku inspiratif,
5. Menjadi pembicara di beberapa acara penting,
6. dan seterusnya…

Ya, saya sangat berambisi ketika saya masih muda, namun tidak satu pun dari impian itu yang tercapai. Tidak ada yang bisa dibanggakan tentu saja.

Di usia yang ke-30 tahun ini, segalanya tampak semakin sulit untuk diraih. Terkadang saya merasa kehilangan arah, tidak tahu apa yang harus saya lakukan selanjutnya. Saya bahkan kehilangan semangat untuk mengejar apa yang saya impikan dan cita-citakan sejak dulu.

Semakin saya memaksakan diri untuk menjadi orang besar, semakin tinggi saya mengharapkan sesuatu dan hal ini selalu saja mengacaukan pikiranku. Saya telah melakukan yang terbaik untuk mencapai setiap tujuan, namun kekecewaan adalah apa yang saya dapatkan, membuat saya tidak mudah lagi untuk menghargai hal-hal yang sederhana karena semuanya terasa tidak berjalan secara mulus.

Ayah saya pernah berkata untuk tidak menggantungkan kebahagiaan pada sebuah harapan besar. Dari kata-katanya, saya menyadari bahwa tidak ada salahnya jika kita menyerahkan segalanya kepada waktu, membiarkan hidup terus berjalan sebagaimana mestinya. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, tak ada salahnya jika kita mengabaikan mimpi-mimpi yang dapat menghancurkan kebahagiaan hari ini.

Sejujurnya, tidak mudah bagi saya untuk melepaskan diri dari ekspektasi hidup yang besar. Namun saya percaya suatu saat nanti saya bisa menerima semuanya, saya bisa menerima hal-hal kecil yang saya miliki sekarang, dan saya bisa menerima diri saya sendiri. Toh, bisa saja tahun depan merupakan tahun terbaik yang terjadi di dalam hidup saya.

Karena, kesuksesan sejati adalah mensyukuri apa yang kita miliki sekarang…
Siapa yang tahu ke mana angin mungkin akan berhembus?

Leave a comment